5 Suggestions Sukses Memulai Bisnis Catering Untuk Pemula

Usaha sampingan anak kuliah bisa juga dengan membuka channel YouTube. Saat ini ada banyak peluang untuk mendapatkan uang dengan menjadi youtuber. Video yang dibuat pun bisa bervariasi, bagi pemula bisa menggunakan modal yang minim. Saat ini video bermain sport juga bisa dijadikan konten untuk channel Youtube.

Jika kamu seorang karyawan, kamu bisa menjajakan camilan ini kepada rekan-rekan kantor. Asal bisa memberi jaminan rasa dan kualitas, bisnis makanan ringanmu berpotensi mendatangkan untung besar. Misalnya, untuk membuat 200 bungkus keripik, kamu membutuhkan 10 kg singkong. Ditambah bahan-bahan lainnya, seperti garam, bawang putih, dan minyak, modal yang kamu perlukan bahkan tak sampai Rp 200 ribu.

Bisnis awal untuk pemula

Dari situ, kamu bisa menambah pertemanan dan juga memiliki kesempatan pengalaman berwisata sekaligus mencari uang. Sekecil apa pun bisnis tersebut, Anda wajib membayar pajaknya. Jika melakukan penyerahan barang kena pajak atau jasa kena pajak, Anda wajib memungut dan membayar PPN. Kalau belum mencapai omzet yang ditetapkan, Anda wajib memungut dan membayar PPh Final 0,5% PP 23 Tahun 2018.

Mahasiswa jurusan Pendidikan akan lebih cocok jika membuka jasa les personal ini, sekaligus untuk menerapkan apa yang dipelajari. Membuka jasa les untuk anak sekolah bisa dibilang tidak membutuhkan modal uang karena berupa jasa. Tentu saja berhubung ini judulnya bisnis online tapi memang dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi sangatlah ampuh untuk meningkatkan peluang sukses usahamu. Sangat dianjurkan jika kamu memiliki nama model tokomu sendiri serta official account di setiap media sosial, seperti Line, Instagram, WA, Facebook, BBM, dll. Pada dasarnya, marketplace punya fungsi yang tak jauh berbeda dengan media sosial.

Dengan berbisnis dari sekarang, kamu udah bisa mandiri secara finansial sejak muda. Kamu jadi punya pengalaman berharga dalam mencari uang kalau kamu punya bisnis sampingan yang kamu bangun. Model bisnis seperti ini bisa Anda lakukan untuk berlatih memulai bisnis. Mungkin Parent Pinters butuh pengalaman sebelum mengelola bisnis sendiri dengan modal yang lebih besar. Belajar dan cari pengalaman bagaimana closing, menemukan pelanggan, menjaga pelanggan untuk bekal bisnis Anda nantinya.